Organisasi Direktori Dan File Pada OS Linux Beserta Penjelasannya

 
Kali ini saya akan share Organisasi Direktori Dan File Pada Os Linux

Pada tingkat tertinggi adalah root direktori, /, yang hanya mengandung sejumlah file

  penting seperti:

•bin/
•boot/
•dev/
•etc/,
•home/
•lib/
•lost+found/
•mnt/, proc/
•sbin/
•tmp/
•usr/
•var/


/bin & /sbin

Direktori ini menyimpan program-program penting yang digunakan  untuk pemeliharaan sistem.

Sesuai dengan nama direktorinya, file-file program yang tersimpan didalamnya berupa file binary yang dapat dieksekusi (executable)

Isi direktori /bin umumnya adalah user program seperti:

Login, Shell (bash, ksh, csh), File utility (cp, mv, rm. ln, tar), Editor (ed, vi), Filesystem utilty (dd, df, mount, umount, sync), System utility (uname, hostname, arch), GNU utility (gzip, gunzip)

Isi direktori /sbin umumnya adalah program pemeliharaan atau sistem program. Program-program yang disimpan di direktori /sbin ini hanya dapat dieksekusi oleh root. Contohnya adalah sebagai berikut: fsck, fdisk, mkfs, shutdown, lilo, init


/etc

Direktori ini menyimpan file-file konfigurasi systemwide yang dibutuhkan oleh program-program lainnya. Beberapa file penting di direktori ini misalnya: passwd, shadow, fstab, hosts, motd, profile, shells, services, lilo.conf


/home

Direktori ini menyimpan direktori masing-masing user yang ada di sistem termasuk HTTPD. Beberapa sistem Linux menyimpan home user root di direktori ini sebagai /home/root tapi ada juga yang menyimpan direktori home user root di direktori / atau root direktori.

/mnt

 Umumnya direktori ini didalamnya mengandung subdirektori-subdirektori yang merupakan sebuah mount point untuk jenis device tertentu. Misalnya cdrom/, floppy/, atau zip/.

/tmp & /var

Direktori /tmp untuk menampung file-file sementara(temporary) dan /var menampung varying content atau macam-macam file

Direktori /tmp biasanya juga dimanfaatkan oleh program instalasi saat kita mengintalasi program atau aplikasi. Isi direktori ini bisa saja dihapus setiap saat tanpa menimbulkan penagaruh apapun.

Direktori /var memiliki isi yang lebih banyak dari /tmp dan biasanya isinya adalah seperti ini: catman/, lib/, local/, lock/, log/, nis/, preserve/, run/, spool/ dan tmp/.

Direktori /var/log merupakan direktori yang sangat familiar bagi setiap user. Di dalamnya disimpan pesan-pesan yang dihasilkan oleh sistem. Berikut ini salah contoh isi direktori /var/log di komputer:

httpd/, boot.log, cron, dmesg, htmlaccess.log, lastlog, maillog, messages, netconf.log, secure, sendmail.st, spooler, wtmp. File-file pesan tersebut sangat berguna bagi kita untuk mendiagnosis masalah atau kesalahan sistem. Bagi yang tidak berpengalaman dalam menangani masalah sistem, isi file-file pesan tersebut bisa disertakan bila kita minta bantuan orang lain atau di forum milis

/usr

Berisi semua program dan file yang secara langsung berhubungan dengan setiap user dalam sistem. Misalnya di komputer isinya adalah sebagai berikut:

              

~X11, X11R6/, ~X386, bin/, dict/, doc/, etc/, games/, i386-redhat-linux/, i486-linux-libc5/, i486-linuxaout/, include/, info/, lib/, libexec/, local/, man/, sbin/, share/, src/, ~tmp.

              

 Direktori /usr/bin dan /usr/sbin menyimpan banyak sekali file executable.Fil e-file executable yang disimpan di direktori ini memiliki kesamaan fungsi dan jenis dengan file-file di direktori /bin dan /sbin.

  Direktori /usr/X11 dan /usr/X11R6 dan subdirektori dibawahnya berisi semua file yang berhubungan dengan X Window seperti man page, library dan file executable.

1 komentar: